Pemilihan penggunaan tipografi yang tepat, akan memberikan kesan yang baik terhadap sebuah website. Tipografi menjadi salah satu elemen yang sangat penting, karena akan mempengaruhi kenyamanan dalam membaca, selain dapat menambah keindahan desain. Teks yang digunakan dalam tingkat kemudahan untuk dibaca (readability) dan pemilihan kualitas huruf dalam kemudahannya untuk dibaca (legibility), mempengaruhi bagaimana pengguna memproses informasi dalam konten. Apabila readability rendah, pembaca akan menghindari konten. Sedangkan di sisi lain, apabila readability tinggi, memungkinkan pengguna secara efisien membaca dan menerima informasi dalam teks.

Keterbacaan yang baik dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain penggunaan huruf yang tepat, elemen hirarki (hierarchy) diperlukan dalam tata letak tipografi, yaitu untuk mendefinisikan bagaimana membaca konten, urutan membaca, serta membedakan header dan teks. Sedangkan kontras (contrast) merupakan faktor yang menentukan apakah teks mudah dibaca. Kontras yang baik akan memberikan kemudahan mata untuk memindai teks dengan cepat, sekaligus akan terbaca dengan mudah. Faktor lain yang penting dalam keterbacaan adalah tinggi huruf (type size), tinggi baris (line height), spasi huruf (letter spacing), dan panjang baris (line length) serta kombinasi warna.

Tipografi yang digunakan pada Website BINUS University adalah Interstate dan Droid Serif. Perpaduan jenis huruf sans serif dan serif  merupakan prinsip yang paling populer dalam kombinasi huruf. Interstate merupakan typeface yang termasuk pada kategori sans serif, digunakan sebagai header pada menu utama. Sedangkan Droid Serif, typeface yang dirancang untuk digunakan pada layar kecil dari handset mobile, pada website BINUS digunakan untuk semua teks, karena typeface ini memiliki legibility tinggi.

Interstate dipilih sebagai typeface resmi BINUS karena kualitas keterbacaan dan terlihat modern.  Bentuk huruf Interstate yang terkesan tanpa batas waktu, mencerminkan visi BINUS ‘menjadi garis depan pendidikan yang sangat baik melalui inovasi Teknologi Informasi’.


interstate, www.fontbureau.com


droid serif, www.droidfonts.com